keterangan
Bliss Park

Selasa, 12 Mei 2015

KERAK TAHU

JIKA Ibu Kota Jakarta memiliki kerak telor sebagai makanan khas, maka Cirebon juga memiliki makanan khas yang disebut dengan kerak tahu.

Kerak Tahu atau Hintip Tahu adalah salah satu kuliner khas cirebon. Sesuai namanya, kera tahu berbahan dasar endapan tahu yang direndam selama tiga jam. Diramu menggunakan bumbu-bumbu penyedap serta potongan cabe rawit yang pasti akan menggugah selera penikmatnya, kerak tahu kemudian dibungkus dan dipepes selama beberapa saat. Makanan ini akan disantap lebih nikmat jika disajikan dengan sayur asam hangat dan dipadu dengan kerupuk udang serta pepes tahu sebagai menu sarapan maupun makan siang.

Kerak Tahu merupakan Makanan Khas dari wilayah Timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Cipeujeh Kecamatan Lemah Abang. Di Desa Cipeujeh, terdapat banyak warung yang secara khusus menyajikan Pepes Kerak Tahu atau yang berbahan dasar Tahu. Bagi penikmat kuliner bisa memilih secara langsung makanan yang sangat menggugah selera berbahan dasar Tahu yang diramu dengan bumbu-bumbu penyedap khas serta potongan cabe dan sayur-sayuran.

Selain rasanya yang gurih dan menggugah selera, kerak tahu sangat cocok dimakan dengan paduan sayur asam dan sambal  yang pedas. Gurihnya Pepes Kerak Tahu yang menggunakan daun pisanng sebagai bungkusnya tersebut sangat nikmat di makan kapanpun.


Dalam perkembangannya, kerak tahu memiliki banyak varian rasa dan kombinasi. mulai dari jamur, ikan sampai daging ayam yang mampu memunculkan selera makan para penikmatnya.
Dengan harga yang sangat terjangkau, pepes tahu bisa menjadi referensi kuliner bagi para penikmat makanan khas. jadi, jika anda berkunjung ke wilayah timur Kabupaten Cirebon atau lebih tepatnya di sekitar Desa Cipeujeh, belum lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang satu ini.


0 komentar:

Posting Komentar