keterangan
Bliss Park

Selasa, 05 Mei 2015

KONI Bateng Belajar ke Beltim

Manggar, Beltim – Sebanyak 6 orang pengurus Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengunjungi Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan bertemu dengan pengurus KONI Beltim dan Panitia Pelaksana Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Bangka-Belitung Tahun 2014 lalu. Rombongan diterima oleh langsung oleh Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri, Ketua Umum KONI Kabupaten Beltim, Komaruddin Muten, Mantan Sekretaris Porprov 2014 Evi Nardi, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Gustaf Pilandra, dan Wakil Ketua KONI Beltim Umar Hasan di Kantor KONI Beltim Komplek Perkantoran Pemerintah Terpadu, Selasa (5/5).

Kunjungan yang berlangsung di Kantor KONI Beltim ini bertujuan untuk belajar dan mengetahui trik keberhasilan dan kesuksesan Kabupaten Beltim sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Poprov) IV Kepulauan Bangka-Belitung Tahun 2014 lalu. Rencananya tahun 2018 mendatang, Kabupaten Bateng akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ke V.

“Kita ke sini murni ingin belajar, karena kita akan menjadi tuan rumah Porprov V September 2018 mendatang. Kami ingin mencontoh kesuksesan Kabupaten Beltim sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Porprov 2014 lalu,” ungkap Sekretaris Umum KONI Bateng, Prasojo.

Menurut Prasojo, pada kunjungan pertama ini KONI Bateng sudah cukup banyak belajar dan mendengar penuturan tentang penyelenggaraan Porprov dan pembinaan prestasi atlet. Rencananya dari KONI Bateng maupun panitia Porprov Pemkab Bateng akan kembali melakukan kunjungan untuk membahas hal tekhnis lainnya.

“Di mata kami, Kabupaten Beltim sangat sukses, baik dari pelaksanaan, prestasi maupun administrasi. Kami ingin mengadopsi cara-cara yang dilakukan Beltim baik dari penyelengaraan, venue pertandingan maupun pembinaan prestasinya. Ini baru kunjungan pertama, untuk hal-hal teknis serta detail tetap kita akan koordinasi. Kita juga akan mengundang mantan panitia untuk meninjau persiapan nantinya,” terang Prasojo.

Wakil Bupati Beltim, Zarkni Mukri menyambut dengan terbuka kunjungan KONI Bateng. Selaku mantan Ketua Umum Pelaksana Porprov 2014 Kabupaten Beltim, Ia mengaku siap berbagi pengalaman baik buruknya pelaksanaan Porprov lalu.

“Tadi sedikit sudah kita ceritakan pengalaman kita baik itu yang berhasilnya maupun pengalaman buruknya. Biar mereka dapat belajar yang sudah baik silahkan dicontoh, yang buruknya biar jadi bahan pembelajaran bersama. Kita tidak ada yang ditutup-tutupi, semua kita sampaikan” ujar Zarkani.

Selain itu, Zarkani juga membagikan pengalaman tentang kesulitan dan trik yang akan dihadapi dalam pelaksanaan Porprov.

“Saya tekanankan untuk penganggaran dan tata cara pengeluaran keuangan itu harus hati-hati. Karena untuk administrasi itu butuh ketelitian, kalau salah panjang urusannya. Yang jelas panitia harus kompak, rasa kebersamaan itu yang tidak bisa diabaikan,” kata Zarkani.

Sementara itu Ketua Umum KONI Beltim memberikan saran agar KONI Bateng segera menggelar sayembara maskot dan logo untuk Porprov 2018. Selain itu Ia juga menekankan agar panitia persiapan segera dibentuk.

“Saran aku tidak banyak yang penting mereka punya niat baik. Kalau mereka sudah punya niat yang baik hasilnya pun baik. Kalau bisa dari jauh-jauh hari sudah buat maskot dan logo, biar nanti ke depannya mudah. Terus juga bentuklah panitia persiapan biar fokus dan mudah berkoordinasi,” ucap Komarudin Muten yang akrab dipanggil Afa.

Afa juga menekankan agar Kabupaten Bateng jangan membeli atlet, namun lebih baik mencari pelatih yang sudah mempunyai pengalaman baik di tingkat nasional maupun internasional. “Jangan beli sewa pemain luar tapi carilah pelatih yang baik, kalau perlu dari luar yang punya pengalaman baik. Dan ingat, jika ada janji mengenai penghargaan ataupun bonus kepada atlet, harus diwujudkan jangan sampai nanti mereka mentalnya jatuh itu penting,” tutupnya. @2!

0 komentar:

Posting Komentar